Animator

Prolog

Pekerjaan seorang animator adalah seorang seorang seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar. Membentuk sebuah illusi, di mana seolah-olah gambar-gambar tersebut dapat bergerak pada saat ditayangkan dengan cepat yang disebut frame. Animator dapat berkerja pada bermacam bidang seperti : film, televisi, video game, dan internet. Pada umumnya sebuah karya animasi sangat membutuhkan beberapa tenaga mereka. Cara kerjanya tergantung dari masing-masing pribadi sang animator yakni gaya dan keahilannya.\

Animator menggunakan gambar secara berurutan, mulai dari gambar : boneka dan model untuk memproduksi film dalam iklan, game komputer, video musik dan website. Mereka dapat berkerja pada sebuah perusahaan besar, secara mandiri atau perorangan, atau membentuk usaha bersama dengan rekan sesama animator seperti cv atau firma membangun bisnis serupa. Dapat berkerja pada : perusahaan desain web, perusahaan permainan komputer, studio film, serta perusahaan pemasaran.

Tugas

Adapun tugas seorang animator yaitu :

  1. Dapat berkerja secara kreatif menghasilkan karya yang bernilai estetika desain tinggi dan bagus, sehingga enak untuk dipandang penonton. 
  2. Bisa dengan mahir mengoperasikan perangkat lunak komputer generasi khusus seperti : Maya, Fresh, dan After Effects. 
  3. Menyajikan desain sebagai bahan evaluasi pelanggan. 
  4. Mempromosikan serta menjalankan bisnis terutama dalam bidang animasi. 
  5. Pintar dalam bernegoisasi kontrak kerjasama dengan klien perusahaan. 
  6. Bersikap fleksibel dan berkerja secara efektif, sebagai jembatan penghubung antara dirinya dan para staf desain dan tenaga produksi yang membantu pekerjaannya di kantor. 
Untuk dapat menjadi seorang animator, setidaknya Anda harus memiliki kualifikasi dan skill memadai yang dibutuhkan, di antaranya sebagai berikut :

  • Punya kreatifitas tinggi dan penuh inovasi saat berkerja 
  • Mempunyai bakat alami dengan segudang ide di kepala dalam mengeksekusi sebuah pekerjaan yang dibebankan. 
  • Penuh imajinasi 
  • Teliti dengan memperhatikan setiap detal pekerjaan yang diberikan Mampu berkerja di bawah tekanan yang ketat serta dapat memenuhi deadline yang dijanjikan.

Kualifikasi

Dalam mengerjakan tugas-tugasnya seorang animator harus dapat mengusai 4 hal berikut ini :

1] Ilmu Dasar Animasi
Berjumlah 12 dan ini harus dikuasai yakni : squash stretch, anticipation,staging, straight ahead action anda pose to pose animation, follow throught and overlapping action, slow in anda slow out, arcs, secondary action, solid drawing dan appeal.

2] Seni Acting
Pada dasarnya animator adalah seorang penggerak pada sebuah gambar. Ketika akan mengeksekusi sebuah gambar, mereka dituntut untuk meniru sama persis dari tokoh rekaannya tersebut. Oleh sebab itu mereka harus pintar acting seperti bintang film atau drama.

3] Bisa Menggambar
Minimal dapat menggambar semisal stickman, yang nantinya dapat dipergunakan untuk mengolah bermacam ragam gambar bergerak.

4] Menguasai Software
Software digunakan untuk memperlancar jalannya pekerjaan bukan penyempurna. Mampu menguasai berbagai tools yang berhubungan dengan animasi seperti yang telah disinggung di atas.

Orang yang berprofesi sebagai animator umumnya adalah orang-orang yang pintar dan panjang akal. Sebab memang pekerjaannya menuntut demikian. Namun bukan itu saja yang dibutuhkan dalam mendapat pekerjaan. Mereka juga dituntut bisa lebih berinisiatif mencari atau menciptakan lapangan kerja sendiri daripada harus bergantung pada orang lain.

Seperti sudah disinggung pada tulisan di atas tadi bahwa seorang animator juga bisa berkerja mandiri maupun menjalin kerjasama dengan orang lain atau sesama teman animator mendirikan perusahaan animasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel