Baker

Prolog 

Seorang baker atau tukang roti adalah seseorang yang profesinya berkerja membuat roti, kue pencuci mulut atau camilan yang terbuat dari tepung yang bisa bercitrarasa manis atau asin gurih. Dikenal dengan sebutan pastry and bakery. Ini merupakan salah satu pengetahuan dalam pengolahan dan penyajian makanan, terutama aneka kue baik oriental maupun kontental. 

Tugas

Apa saja yang biasanya dilakukan seorang Baker, berikut poin-poinnya:
  • Periksa kualitas bahan
  • Siapkan peralatan untuk memanggang
  • Ukur dan timbang tepung dan bahan lainnya
  • Campurkan bahan yang diukur dalam mixer atau blender
  • Uleni, gulung, potong, dan bentuk adonan
  • Tempatkan adonan dalam wajan, cetakan, atau pada lembaran
  • Setel suhu oven
  • Tempatkan dan panggang barang-barang di oven panas atau di panggangan
  • Amati warna dan status produk yang dipanggang
  • Menerapkan glasir, lapisan gula, atau topping lainnya menggunakan spatula atau sikat.

Kriteria

Selain hobi membuat kue juga punya kemauan keras untuk meraih mimpi. Dan 5 poin di bawah ini bisa Anda terapkan bila ingin berhasil menjadi seorang baker. 

1. Kuliah 
Kuliah di jurusan tata boga menjadi jalan utama masuk ke profesi ini, setelah sebelumnya menempuh pendidikan di bangku SMK di jurusan yang sama pula. Di sana nanti Anda akan belajar banyak tentang ilmu ini. Bahkan tak jarang semenjak masih sekolah mental dan bakat sudah terlatih dan terasah terarah, dengan banyak diadakannya lomba yang diikuti. 

2. Mengambil Kursus Atau Pelatihan 
Ini juga bagus bila tidak mempunyai dasar sekolah formal, mengikuti kursus atau pelatihan. Nantinya ada akan diberikan tanda bukti bahwa telah menyelesaikan study berupa sertifikat yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan. 

3. Belajar Otodidak 
berlaku untuk orang punya bakat dan keinginan kuat untuk menjadi seorang baker, belajar otididak sangat memungkinkan mereka bisa mahir dan tak kalah dengan mereka yang menempuh pendidikan secara formal. Kuncinya seperti yang telah disebutkan tadi yaitu banyak belajar dan berlatih, tidak takut gagal dan salah bila kue atau roti gagal dibuat. 

4. Aktif Bergabung Di Komunitas 
Ilmu bisa didapatkan di mana saja, tak peduli apakah dari bangku kuliah, belajar sendiri atau menimba dari pengalaman orang lain, dan itu semua bisa diperoleh bila Anda aktiv bergabung pada grup-grup komunitas pecinta makanan dan pembuat kue yang banyak tersebar di akun sosmed. 

5. Memperluas Jaringan Networking 
Memperbanyak pertemanan ditengarai dapat menambah ilmu juga segala macam informasi yang berhubungan dengan banyak hal terutama bidang pekerjaan. Anda akan lebih mudah terhubung dengan mereka bila ingin mengembangkan bisnis roti atau sekadar mencari pekerjaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel