Administrator

Prolog

Seorang administrator adalah seseorang yang mempunyai aktifitas pekerjaan di kantor atau instansi, sebagai pencatat semua kegiatan yang terjadi pada saat ia tengah berkerja, mencakup data entry, filling, membuat pengaturan perjalanan, mengambil pemesanan, dan sebagainya. Setiap perusahaan atau kantor dipastikan membutuhkan tenaga semacam ini guna keperluan memperlancar kegiatan, dan umumnya mereka berkerja di balik layar. Dalam melakukan pekerjaannya seorang administrator dituntut untuk selalu teliti dan hati-hati, tidak boleh ada satupun terlewati. Sebab bila ini terjadi maka aktifitas jalannya perusahaan akan tersendat, karena tidak ada yang bertugas untuk mengerjakan dan mengawasi. Seorang administrator juga mempunyai kekuasaan luas, sebagai pemegang kendali urusan kantor sehingga dapat berjalan lancar dan baik.

Tugas


  • Mengatur Urusan Kantor
Memilih pos, surat, paket pengiriman dan pemesanan barang. Termasuk juga memesan persediaan alat-alat kantor. Tak jarang mereka juga harus mencatat secara manual apa yang tengah terjadi sebelum memasukkan atau menginput ke dalam komputer, semisal : mengontrol serta mengawasi proses produksi dengan kesesuaian data tertulis, menghitung konversi bahan baku terhadap hasil produksi, scrap atau sampah dan lain sebagainya.
  • Menjawab Telepon Masuk 
Menyapa dan melayani klien baik dari operasinal atau mitra perusahaan, mengetik urusan dokumen, surat menyurat baik yang dilakukan secara off line maupun off line. Meski terlihat sepele serta remeh, namun tidak semua orang bisa melakukannya bila tidak terbiasa, walaupun telah dibekali skill khusus semasa kuliah dulu, sebab hal tersebut tergolong kelebihan seseorang. Biasanya ini dikerjakan oleh adminitrator perkantoran serta merupakan tugas rutin setiap hari.
  • Membuat Serta Mengelola Agenda Kantor 
Setelah berhubungan dengan chat di telepon, biasanya seorang adminintrator akan membuat agenda untuk dikerjakan oleh pimpinan perusahaan atau divisi lain. Dalam mengerjakan tugas tersebut harus ada kerja sama dan komunikasi agar tidak saling bertabrakan dan bisa tersusun dengan tepat.
  • Filling data entry atau mengisi data entri perusahaan 
Biasanya ini dikerjakan oleh administratif umum, di mana pekerjaan ini merekap semua data meliputi : surat domisi, surat bukti transaksi yang telah dilakukan perusahaan, surat-surat berharga asset perusahaan, termasuk juga mencatat semua data perusahaan itu sendiri.

Kriteria

Untuk melamar pekerjaan ini setidaknya Anda harus memiliki kriteria kemampuan sebagai berikut :

  • Teliti seperti telah disinggung di atas tadi bahwa ketelitian dan kehati-hatian sangat dibutuhkan untuk menangani pekerjaan ini. 
  • Memiliki kemampuan berhitung dengan baik atau lebih diutamakan yang mahir, karena pekerjaan tersebut akan berhubungan dengan banyak angka dan data yang masuk. 
  • Mempunyai keterampilan yang mencukupi dan menguasai semua aplikasi yang tersedia pada peralatan komputer atau laptop di kantor, baik secara off line maupun on line. 
  • Mampu berkerja di bawah tekanan yang berat dan menghimpit, tapi tetap tenang dalam mengerjakan tugas dan kewajibannya. 
  • Bisa melakukan pendekatan secara metodis dan menyeluruh dalam berkerja. 
  • Dapat berkerjasama dan berinteraksi dengan luwes dalam sebuah tim. 
  • Cerdas dan inisiatif, banyak ide serta solusi dalam memecahkan suatu masalah yang datang secara tiba-tiba. 

Jenis Administrasi

Adapun jenis-jenis administrasi seperti disebutkan di bawah ini yakni :
  1. Administrasi Publik 
  2. Administrasi Lingkungan Hidup 
  3. Administrasi Negara 
  4. Administrasi Niaga 
  5. Administrasi Pembangunan 
  6. Admistrasi Kependudukan 
  7. Administrasi Keuangan Administrasi Pendidikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel