Babby Sitter

Prolog 

Seorang Babby Sitter atau Pramusiwi adalah seseorang yang bertugas untuk merawat bayi atau anak pada suatu keluarga. Seiring berkembangnya waktu, profesi tersebut cara kerjanya terbagi dua. Pertama mereka yang berkerja secara perorangan atau mandiri dan masuk di dalam sebuah naungan badan atau tempat penitipan anak. Mengingat caranya yang nanti akan bertanggung-jawab dan berpengaruh besar pada pertumbuhan dan perkembangan anak di masa datang, oleh sebab itu ia dituntut untuk mempunyai pengetahuan dan ketrampilan, soal merawat dan mengasuh bayi atau anak serta mendidiknya dengan cara yang baik. 

Tugas

Terkait tentang pekerjaannya seorang pengasuh mempunyai tugas dan kewajiban mengurus keperluan anak atau bayi yang diasuhnya, menyiapkan kebutuhan sehari-harinya, menyiapkan mulai dari : 
  • Memenuhi kebutuhan sehari-harinya
  • Menyiapkan baju, 
  • Menyiapkan susu, mengajak bermain, 
  • Menyiapkan keperluan makan dan minumnya, 
  • Mengajaknya istirahat atau menidurkan bila siang hari dan telah masuk jam istirahat anak,
  • Memerhatikan kesehatannya, 
  • Serta mengajari banyak hal yang berguna bagi diri anak tersebut. 
  • Adapun jika tugas secara terperinci seorang pengasuh bayi dan anak adalah :
  • Menjaga Kebersihan Tubuh Bayi
Menjaga kebersihan tubuh bayi atau anak menjadi tugas pertama babby sitter menyusul tugas-tugas yang lainnya. Ia harus tahu benar cara memandikan dan mengganti pakaian. Di samping selalu memerhatikan serta menerapkan kebersihan dan kerapian, menjaga pakaian mereka dan lingkungan kamar yang ditempati supaya nyaman.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Bayi

Seperti telah disinggung pada poin pertama tentang menjaga kebersihan lingkungan tempat bayi, terutama dalam hal ini soal kamar yang dihuni. Membereskan mainannya, mencucikan bajunya, mesterilkan botol susu, dan membesihkan diri sendiri. Bersedia stand by selalu berada di dekat bayi yang diasuhnya.

Menjaga Kenyaman Dan Kecukupan Nutrisi Bayi

Pinter berkomunikasi dengan sang bayi atau anak saat mendekati jam makan. Mengajaknya berbicara meski belum dapat berbicara sebab masih bayi, menyiapkan susunya, mengajak bermain dan bercanda, serta banyak akal ketika tiba waktunya untuk menidurkannya.

Memantau Tubuh Kembang Anak

Karena seorang baby sitter telah diberi kepercayaan oleh orang yang memperkerjakannya, maka secara keseluruhan ia juga memiliki tanggung-jawab memantau dan memerhatikan dengan serius tumbuh kembang seorang bayi hingga menjelma menjadi anak-anak. Mencatat dan mengingat bayi yang dirawatnya telah sampai pada taraf untuk kemudian dilaporkan semuanya kepada sang majikan. Tidak boleh ada yang terlewat, itu jika ia ingin terus diperkerjakan dan tidak diganti dengan yang lain. Tugas berat mereka untuk membuat orang yang mengambil jasanya merasa percaya dan si bayi juga mendapatkan kenyamanan.

Merawat Pada Saat Sedang Sakit

Harus rela begadang semalaman, merawat dengan penuh cinta dan sayang kala bayi yang diasuhnya sedang sakit, menjadi poin plus untuk seorang babby sitter di mata orang-orang yang berhubungan dengan dirinya.

Kriteria

Untuk lebih memaksimalkan profesi ini, setidaknya bagi mereka yang hendak menekuni pekerjaan tersebut harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
  1. Wanita usia minimal 21-30 tahun atau lebih tergantung permintaan klien
  2. Diutamakan pernah berumahtangga atau berpengalaman mengurus serta mengasuh bayi dan anak, bila lajang tentu atas persetujuan klien juga.
  3. Jujur dan tanggung-jawab.
  4. Sopan berperliku baik serta penyabar dan penyayang anak-anak.
Diutamakan yang pernah mengenyam pendidikan pelatihan atau kursus babby sitter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel